Senin, Juli 13, 2009

ATA Specification 100

Petikan pembicaraan ketika ada trouble pesawat di bandara SMB II (Palembang):
ES (Engneer Senior) : "Sudah ketauan tuh masalahnya....! Anti Skid Tranducer, sana ambil sparenya di store"
EJ (engineer Junior) : "Okeh Bang aku ambil dulu..."
Lima menit berselang EJ kembali lagi menemui ES.
EJ: "Bang Part Number (PN) yang ini tak ada di store bang... interchange-nya berapa Bang...?"
ES: "Guoblok kau...!!! mana aku hapal interchange PN semua komponen... liat IPC...!!!"
EJ: "Iya bang.... aku liat dulu"
Lama EJ tak kembali akhirnya ES menyusul dan dilihatnya EJ masih membolak-balik IPC (ilustrated Part Catalog), geram ES akhirnya ikut melongok ke IPC dan hampir terjatuh karena kaget karena halaman yang dibuka oleh EJ adalah halaman ATA 31.
ES: "Guobloooook buka ATA Chapter 32 tolol kalo landing gear....!!!!!" sambil mendorong kepala ES... "Loe tahu nggak sih ATA Chapter.... dasar junior...!"
EJ: "Belum tau Bang... aku baru belajar dikit Bang"
ES: "Sini Gua ajarin.... neeh kalo landing gear di 32, engine di 72, APU 49 dst..dst..."
Begitulah sekelumit cerita tentang ATA Chapter berperan dalam kehidupan seorang kuli besi terbang.... okelah cukup untuk prolog.
Seperti biasa tulisan ini dimulai dengan referensi sesuai judulnya diatas, silahkan klik disini untuk membaca lebih banyak..... untuk yang enggan membuka dibawah ini petikan dari web tersebut mengenai ATA (Air Transport Association)

The Air Transport Association (ATA)


The Air Transport Association was founded on Jan. 3, 1936. Representatives of 17 airlines met in Chicago to draw up a set of objectives for a new organization, whose purpose was "to do all things tending to promote the betterment of airline business, and in general, to do everything in its power to best serve the interest and welfare of the members of the association and the public at large." Today, the Air Transport Association of America, Inc. is the nation's oldest and largest airline trade association, fostering a business and regulatory environment that ensures safe and secure air transportation and enables U.S. airlines, passenger and cargo, to flourish, stimulating economic growth locally, nationally and internationally. Throughout its 70-year history, ATA and its member airlines have played a vital role in shaping the future of air transportation.
Untuk terjemahannya tolong lihat kamus sendiri aja deh...capek. Intinya ATA itu adalah sebuah asosiasi transportasi udara yang awalnya di bentuk di Chicago. Awalnya ATA dibentuk oleh 17 airlines dengan tujuan kebaikan di bisnis penerbangan. Dalam perkembangannya dibuatlah daftar untuk menyeragamkan pembicaraan sehingga untuk menghindari kesulitan dalam perencnaan, pembuatan, pengoperasian dan perawatan.
Dari daftar tersebutlah kemudian dikenal dengan ATA Chapter, sayangnya untuk mendapatkan list dari ATA tidaklah gratis harus menjadi member.... but jangan khawatir sudah saya carikan source lain yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk belajar, kalau anda rajin silakan di buat buku saku ala anda sendiri. Silakan unduh sendiri disini
Penjelasan
Kalau sudah diunduh maka saya akan coba tambahkan penjelasan or trik-trik membuka ATA Chapter list dengan cepat di AMM, IPC or any other Manual di pesawat.
Dalam ATA , subject dibagi-bagi menjadi topik yang lebih kecil untuk memudahkan pengguna mencapai informasi yang diinginkan. Topik yang di definisikan oleh AT Specification 100 sebgai berikut :
DESCRIPTION AND OPERATION
TROUBLE SHOOTING and MAINTENANCE PRACTICES
The subtopics as defined by ATA Specification 100 are
· SERVICING
· REMOVAL/INSTALLATION
· ADJUSTMENT/TEST
· INSPECTION/CHECK
· CLEANING/PAINTING
· APPROVED REPAIRS.

Blok halaman untuk topik dan sub topik adalah sebagai berikut :
Topik atau Subtopik Blok Halaman
· DESCRIPTION AND OPERATION (D&O) 1 to 100
· TROUBLE SHOOTING (TS) 101 to 200
· MAINTENANCE PRACTICES (MP) 201 to 300
· SERVICING (SRV) 301 to 400
· REMOVAL/INSTALLATION (R/I) 401 to 500
· ADJUSTMENT/TEST (A/T) 501 to 600
· INSPECTION/CHECK (I/C) 601 to 700
· CLEANING/PAINTING (C/P) 701 to 800
· APPROVED REPAIRS (AR) 801 to 900
Biasanya tiap sub topik ditulis sebagai topik tersendiri, namun demikian bila seluruh sub topik isinya sangat singkat maka digabungkan dalam satu topik dengan judul "MAINTENANCE PRACTICE" dan dikeluarkan dalam blok halaman 201 hingga 301.
Kesimpulan
ATA chapter untuk specification adalah kesepakatan yang dibuat oleh Air Transport Association terhadap pembagian topik dalam pengenalan bagian pesawat, pembagian tersebut digunakan untuk seluruh manual yang digunakan untuk pesawat, misal AMM, IPC, WDM, SRM, TSM, CMM, OHM, MEL dll.
Lain waktu kita sambung dengan pengenalan manual-manual tersebut.... anda berminat untuk menuliskannya...? jangan sungkan untuk mengirimkannya ke saya.
Cheers
Otnaira

Tukang Ketiknya Adalah

Dunia Penerbangan Sudah Melekat Sejak Daqu Dilahirkan Tulisan Dalam Blog Ini Yang Based On True Story Akan Berkisar Pada:
1. Engineering
2. Material
3. PPC
4. Hangar
5. WorkShop
6. Quality
Selebihnya Adalah Curahan Isi Kepala Yang Tak Memiliki Tempat Lagi Di Dunia Nyata Sehingga Harus Mampir Di Dunia Maya Ini Baca Bismillah Sebelum Membaca..... Selamat Membaca

Pengikut